Friday, October 02, 2009

BATIK



Udah dari bulan lalu para sekretaris di kantor gw koar-koar mengumumkan kalau tgl 2 Oktober ini disarankan untuk ber-batik ria. Hampir semua orang-orang di kantor menyambut baik ide ini. Bahkan ada yang bela-belain pergi ke Exim atau Plangi atau Ambasador untuk beli baju batik (padahal gw yakin sebelumnya mereka pasti udah punya) untuk dipakai di tgl 2. Jelas hari itu pasti special sekali.

Hari ini (tgl 2 Oktober), gw lihat berbagai macam model, corak dan warna batik berjalan di gedung ini. Yang cowo, yang cewe, yang tua, yang muda, yang cantik, yang ganteng semuanya berbatik ria. Ditambah dikenakan dengan rasa pede dan bangga yang bisa membuat orang yang ngga kompakan pake batik jadi minder.

Semua dikarenakan tanggal 2 Oktober adalah hari dipatenkannya Batik sebagai warisan budaya dari Indonesia oleh UNESCO. Setelah wayang dan keris yang udah duluan dipatenkan. Kita semua bangga setengah mati karenanya. Rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia mencuat tinggi. Padahal dulu ngga gini-gini banget.

Jadi inilah bias yang lain dari ulah Malaysia yang seenaknya aja ngklaim batik itu punya mereka (masih emosi). Kalau Malaysia ngga menyulut api, mungkin aja rasa nasionalisme kita masih suam-suam kuku.

No comments:

Post a Comment